News Detail

Dinas Peternakan Aceh
admin December 20, 2017

Pertemuan Perencanaan Pengembangan Kawasan Peternakan Aceh tahun 2017

Kegiatan Rapat Perencanaan Pengembangan Kawasan Peternakan Aceh tahun 2017 merupakan rapat antara setelah tim turun ke lapangan beberapa waktu yang lalu yang dilaksanakan pada tanggal 16 oktober 2017 dan bertempat di Hotel Oasis.

Peserta yang hadir terdiri dari tim pelaksana dari Institut Pertanian Bogor (IPB), tim perencana kawasan peternakan, tim pengawasan kawasan peternakan dan KPH seluruh provinsi Aceh.

Dengan adanya kegiatan Penyusunan Perencanaan Pengembangan Kawasan Peternakan Aceh ini potensi yang ada Provinsi Aceh untuk pengembangan peternakan dapat ditingkatkan dan segala faktor-faktor yang menghambat pengembangan kawasan peternakan dapat di minimalisir. Dengan demikian pengembangan kawasan peternakan dapat dipercepat sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat sekitar kawasan peternakan khususnya dan masyarakat Aceh umumnya.

Pengembangan sub-sektor peternakan perlu dukungan dari semua pihak, isu meningkatnya harga daging dari waktu ke waktu. Menurunnya populasi ternak besar terutama ternak kerbau sebesar 30% per tahun, menyempitnya lahan pengembalaan kiranya sub-sektor ini perlu mendapat perhatian dan startegi pengembangan. Disamping itu pula kurang berkembangnya agroindustri peternakan di Provinsi Aceh menyebabkan peningkatan populasi dan produktifitas ternak mengalami perlambatan.

Melalui Rapat Perencanaan Pengembangan Kawasan Peternakan ini diharapkan kepada semua stakeholder agar dapat menyamakan persepsi dalam rangka pengembangan kawasan peternakan di Provinsi Aceh yang tentunya sangat membutuhkan perhatian dari semua lini sehingga kegiatan ini dapat bermanfaat dan membuahkan hasil sebagaimana yang diharapkan.