News Detail

Dinas Peternakan Aceh
admin December 20, 2017

Pelatihan Data Recorder UPSUS SIWAB 2017 Provinsi Aceh

Upaya Khusus Percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting, yang lebih dikenal dengan UPSUS SIWAB merupakan kegiatan yang terintegrasi, menggunakan pendekatan peran aktif masyarakat dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya peternakan di Indonesia untuk mencapai kebuntingan 3 juta ekor dari 4 juta akseptor sapi/ kerbau pada tahun 2017.

Provinsi Aceh sebagai salah satu provinsi target pelaksanaan program UPSUS SIWAB tahun 2017 memiliki target akseptor sebanyak 150.572 ekor. Dari target tersebut, diharapkan sebanyak 84.051 ekor hasil IB berhasil bunting. Berbagai kegiatan pendukung telah dan akan dilaksanakan demi tercapainya target tersebut.

Untuk memantau perkembangan capaian kinerja Program UPSUS SIWAB secara cepat dan real time harian (yang mencakup jumlah sapi yang di IB, sapi bunting, dan sapi yang melahirkan) digunakan instrument yang dikembangkan dari modul iSIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional) yang diintegrasikan dengan system Monitoring dan Pelaporan SMS Kementerian Pertanian. Sedangkan pemantauan kinerja kegiatan teknis secara bulanan yang mencakup aspek pakan, penanganan gangguan reproduksi, semen, SDM, sarana dan prasarana IB, serta pengendalian pemotongan sapi/ kerbau betina produktif digunakan mekanisme yang melibatkan penanggung jawab dan petugas pelaporan UPSUS SIWAB di Kabupaten/ Kota dan Provinsi.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka perlu dilaksanakan kegiatan pelatihan petugas rekorder UPSUS SIWAB IB 2017 Provinsi Aceh.

Untuk itu, pada tanggal 11-12 April 2017 dilaksanakan kegiatan Pelatihan Petugas Data Recorder UPSUS SIWAB 2017 di Hotel Grand Nanggroe. Acara tersebut bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan IB di Kabupaten/Kota serta melatih para petugas rekorder yang diutus oleh masing-masing Dinas Peternakan Kabupaten/kota se Provinsi Aceh terkait pengaplikasian sistem pelaporan iSIKHNAS.

Diharapka seluruh peserta yang mengikuti pelatihan data rekorder ini dapat menyamakan pemahaman dan persepsi terkait teknis pelaporan di kalangan petugas rekorder yang telah ditetapkan oleh masing-masing Dinas Peternakan Kabupaten/Kota se Provinsi Aceh.