News Detail

Dinas Peternakan Aceh
admin December 20, 2017

Pantai Lampuuk Jadi Arena Pacuan Kuda

BANDA ACEH – Kepala Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan (Kadiskeswannak) Aceh, Dr Ir Raihanah, mengatakan Pantai Lampuuk, Aceh Besar, sudah ditetapkan sebagai arena pacuan kuda selama sembilan hari pada Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XV Mei 2017 .

Raihanah menyampaikan hal ini kepada Serambi, Selasa (4/10), seusai meninjau arena pacuan kuda itu. Menurutnya, penetapan itu sesuai usulan Kadis Peternakan Aceh Tengah, Rahmandi.

“Ia menilai Pantai Lampuuk dapat memberikan kenyamanan bagi peserta, maupun penonton karena jauh dari jalan nasional, selain arealnya juga lebih lebar,” kata Raihanah seperti disebutkan Rahmandi yang juga ikut meninjau lokasi itu dua hari lalu itu.

Karena itu, kata Raihanah, Rahmandi yang sudah berpengalaman melaksanakan pacuan kuda di pinggir Danau Laut Tawar, Aceh Tengah, memilih Pantai Lampuuk dibanding di kawasan pantai Ujung Batee dan Lhoknga, Aceh Besar, di samping di lokasi tersebut juga sudah banyak pedagang berjualan.

Begitu pun, kata Rahmandi, pihak Dinkeswannak Aceh perlu meminta izin kepada Pemkab Aceh Besar dan menyosialisasikan rencana diadakan pacuan kuda pantai di Lampuuk itu kepada pedagang dan masyarakat sekitar agar mendapat dukungan sehingga acara bisa berjalan sukses.

Menanggapi hal ini, Raihanah mengatakan pihaknya siap melakukan hal itu. Sedangkan secara keseluruhan, kata Raihanan dalam Penas KTNA nanti masing-masing dinas terkait dengan sektor pertanian, diminta membuat berbagai program dan kegiatan yang bisa menyedot perhatian banyak orang, terutama dari peserta KTNA XV dari 34 provinsi se-Indonesia.

Menurutnya, jumlah peserta akan hadir pada even nasional ini akan mencapai 50.000 orang. Pembukaannya direncanakan oleh Presiden, Joko Widodo di Stadion Lhong Raya, Banda Aceh.

Pameran Ternak di Kuta Malaka
Dua hari lalu itu, selain meninjau arena pacuan kuda di Pantai Lampuuk, tim juga meninjau lokasi pameran pada Penas KTNA XV yang direncanakan di kawasan peternakan Kuta Malaka, Aceh Besar. Bupati Aceh Besar, Mukhlis Basyah yang ada di lokasi itu, mengatakan Pemkab setempat siap mendukung even nasional selama sembilan hari itu.

Apalagi menurutnya, Aceh Besar sudah jadi sentra peternakan di Aceh, tidak hanya ayam potong petelur, tapi juga kambing, sapi, kerbau, bahkan saat ini kuda juga sudah mulai diternakkan. Karena itu, kata Bupati yang akrab disapa Adun Mukhlis ini, jika ada lomba pacuan Pantai Lampuuk, pihaknya ingin menjadi peserta.

“Selama ini, di Aceh hanya empat daerah yang memiliki lokasi pacuan kuda, yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara. Ke depan Aceh Besar, akan menyusul ketika populasi kuda sudah cukup untuk diperlombakan,” kata Mukhlis.

Sumber ; http://aceh.tribunnews.com/2016/10/06/pantai-lampuuk-jadi-arena-pacuan-kuda