News Detail

Dinas Peternakan Aceh
admin December 20, 2017

Bimbingan Teknis Pengawas Obat Hewan

Peningkatan populasi ternak dalam negeri mendorong berbagai pihak untuk turut serta dalam menyediakan obat hewan dalam rangka mengendalikan dan memberantas penyakit hewan. Beberapa tahun terakhir ini, marak terjadinya peredaran obat hewan illegal, obat hewan tidak terdaftar, obat hewan kadaluarsa dan obat hewan yang tidak memenuhi persyaratan mutu dan keamanannya yang dalam pelaksanaan pengawasannya masih dirasakan sulit untuk diatasi karena keterbatasan perangkat pengawasan terutama pengawas obat hewan di daerah.

Menindaklanjuti hal tersebut, Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Prov. Aceh menyelenggarakan acara Bimbingan Teknis Pengawas Obat Hewan pada hari Senin tanggal 18 Juli tahun 2016. Tujuannya adalah untuk menyiapkan dan melatih tenaga pengawas obat hewan yang profesional dan bertanggung jawab sesuai dengan yang diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 1992 tentang Obat Hewan serta peraturan pelaksanaannya yang diatur Peraturan Menteri Pertanian Nomor 74 Tahun 2007 tentang Pengawasan Obat Hewan.

Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas Obat hewan ini diselenggarakan di Aula Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Prov. Aceh menghadirkan 23 orang perwakilan yang berasal dari Dinas yang membidangi fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan se-Kabupaten Aceh

Pertemuan Bimtek dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Prov. Aceh Dr. drh. Raihanah, M. Si yang dihadiri oleh 3 narasumber yaitu drh. Bahruddin Syahroni Hasibuan yang menyampaikan materi tentang Regulasi Obat Hewan di Indonesia, Pengawasan Obat Hewan di Indonesia, Kerugian Penggunaan Obat Hewan Ilegal dan Tanggung Jawab Pengawas Obat Hewan. Kemudian materi dilanjutkan oleh perwakilan Badan Karantina Pertanian, drh. Bukhari yang menyampaikan materi tentang Peran Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Banda Aceh dalam Pengawasan Lalu Lintas Obat Hewan di Provinsi Aceh. Materi ditutup oleh drh. Muslim yang memaparkan tentang Peran Keswan dalam Mendukung Pengawasan Lalu Lintas Obat Hewan di Provinsi Aceh.

Bimtek berlangsung lancar yang diikuti seluruh peserta dengan antusias sampai dengan selesai, Diharapkan peserta Bimbingan Teknis memiliki keterampilan dalam Pengawasan & pengendalian Mutu Obat Hewan & bahan-bahan biologis termasuk pemakaian dan peredarannya.