News Detail

Dinas Peternakan Aceh
admin December 20, 2017

Aceh Besar Pertahankan Juara Umum Expo Ternak

BANDA ACEH – Kabupaten Aceh Besar secara berturut turut dalam tiga tahun terakhir (2014, 2015 dan 2016) berhasil mempertahankan gelar juara umum Expo Ternak tingkat Provinsi Aceh, yang berlangsung dari tanggal 20-24 Juli 2016. Atas prestasi ini, Aceh Besar mendapat piala tetap dan piala bergilir yang diserahkan Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah yang diterima Wabup Aceh Besar, Drs H Syamsulrizal MKes di sela pembukaan kegiatan Pekan daerah (PEDA) KTNA Provinsi Aceh tahun 2016, di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh Sabtu (23/7).

Kadis Peternakan Aceh Besar, Ahmad Tarmizi SP MM, Minggu (24/17) usai diumumkannya semua katagori pemenang kontes oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Aceh menjelaskan, juara umum ketiga kalinya yang diraih Aceh Besar dalam even Expo Ternak tingkat Provinsi Aceh merupakan hasil kerja keras semua pihak, termasuk para peternak di Aceh Besar. “Ini hasil luar biasa yang diraih dalam kepemimpinan Bupati Mukhlis Basyah dan Wakil Bupati Syamsulrizal,”ujarnya.

Dikatakannya, untuk tahun 2014, juara umum diraih Aceh Besar pada Expo Ternak yang digelar di pasar hewan Sibreh Aceh Besar, selanjutnya tahun 2015 diraih pada Expo Ternak yang dipusatkan di Aceh Tengah, serta juara umum ketiga diperoleh pada Expo Ternak yang diadakan bersamaan dengan acara PEDA di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh.

Disebutkan dalam expo tersebut, Aceh Besar mampu meraih juara I di enam kategori lomba, yakni kategori kelas bebas sapi hasil IB pemilik Muslem, bebas sapi Aceh pemilik Affan, Brahman pemilik Muzawir, Sapi Bali milik Sopyan, sapi Aceh jantan milik Marzuki, dan kerbau jantan milik Usman. “Pada expo 2016 ini Aceh Besar tidak mengirimkan ternaknya untuk kategori kuda dan kerbau betina,” pungkas Ahmad Tarmizi.

Sebelumnya, Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah saat menyerahkan piala bergilir kepada Aceh Besar memberi semangat kepada para peternak dengan ucapan selamat dan harapan yang muncul dari digelarnya expo ternak. “Semoga event ini mampu memberi daya dorong agar kita lebih bersemangat meningkatkan inovasi dalam pengembangan populasi ternak di Aceh,” tuturnya.(rel/mis)

 

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2016/07/25/aceh-besar-pertahankan-juara-umum-expo-ternak